GENAP LIMA BULAN


Masih teringat jelas bagaimana penampakan langit Australia yang kulihat dari jendela pesawat AA pada tanggal 8 Agustus 2014 lalu. Orange dan Putih bercampur menjadi satu. Aku mengambil gambar sebanyak-banyaknya, menyimpan gambar tersebut di memori otak ku, Sehingga aku masih bisa merasakan euforia kegembiraan ini kapan saja ketika aku dalam kondisi “jatuh” dan membuatku tetap bersyukur kapan saja.

Lima bulan sudah aku berada di Negeri ini, negeri asing (awalnya) yang sekarang sudah seperti rumah kedua ku. Waktu yang kulalui terasa begitu lambat, aku merasa sudah lima tahun berada di sini. Bukan kah itu kabar gembira? Itu pertanda bahwa aku benar-benar menikmati waktu ku di sini.

Begitu banyak perbedaan yang kurasakan di sini. Perbedaan yang unik tapi tetap menyenangkan bagiku. Meski kadang ada hal-hal yang membuat ku “jatuh”, tapi itu semua tidak bisa menggalahkan perasaan ketika aku pertama tiba. Perasaan yang memberi semangat lebih untuk aku kembali berdiri dan berjuang sampai akhir.

Lima bulan sudah aku lewati, dan selama itu aku sudah melewati beberapa kali “deja vu”. Aku percaya bahwa keberadaan ku di Australia memang benar keinginan Tuhan. Aku bertemu orang-orang yang baik dan menyenangkan, dan ketika bersama mereka, aku beberapa kali merasakan bahwa aku pernah bersama mereka pada situasi yang sama di masa lalu.

Darwin, kota yang merupakan awal dari segalanya bagi hidupku. Disini aku belajar banyak hal mengenai hidup dan kebebasan, serta persamaan hak dan derajat. Aku tidak pernah mengalami yang namanya diskriminasi (mungkin belum, tapi semoga tidak akan pernah). Lingkungan yang sangat menyenangkan dan aman. Meski aku harus berjalan sendirian di tengah kota pada tengah malam, aku tidak pernah merasakan rasa “tidak aman”. Bukankah itu menyenangkan? Dimana kamu tidak perlu khawatir dan terus berjalan sambil tersenyum dan terus bersyukur.

Dan aku tahu, pertualangan ku baru saja dimulai… dan aku SIAP!

Leave a Reply

