PROSES WORK AND HOLIDAY VISA (SC 462)


Aku pertama kali tau tentang visa ini dari salah satu teman couchsurfing Amerika yang datang ke kota ku.. Rencana awal perjalanannya setelah Indonesia adalah Australia, dan kebetulan dalam sharing nya lewat e-mail dia juga menyarankan aku untuk mencari info tentang visa ini. Dan memberi kabar gembira kalau kuota visa ini untuk Indonesia di tambah menjadi 1000 orang dari sebelumnya hanya 100 orang! Kebetulan kondisi visa Work and Holiday Amerika dan Indonesia adalah sama, yaitu subclass 462. Thanks to Andy! Berkat info darinya aku bisa ke Australia, langsung saja aku wara-wiri cari informasi sendiri by googling demi my dream come true. Well, tanpa panjang lebar langsung saja aku paparkan dibawah ini.

auwhvcover.gifApa itu Work and Holiday Visa Subclass 462 itu? Work and Holiday Visa adalah visa yang memperbolehkan kamu untuk bepergian dan bekerja selama 12 bulan di Australia. Kamu diberi kesempatan mendapat dana tambahan untuk membiayai liburan kamu dengan bekerja sementara atau casual job.

 

Siapa yang boleh mengajukan Work and Holiday Visa (subclass 462)? Kamu bisa cek disini untuk lebih jelasnya.

Bagaimana prosedur/tahap pendaftaran Work and Holiday Visa (subclass 462)? Yang paling penting dan menentukan digranted tidaknya visa kamu tergantung dari dapat tidaknya kamu Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia. Proses meminta SRPI bisa dicek disini. Setelah mendapat SRPI kamu langsung memasukkan dokumen kelengkapan di AVAC (Australia Visa Application Centre). Langkah selanjutnya yaitu menunggu HAP ID dari Kedutaan Australia melalui e-mail. HAP ID adalah langkah kamu selanjutnya untuk melakukan Medical Check Up yang diminta oleh Kedutaan Australia. Setelah proses Medex selesai kamu tinggal mendapat pemberitahuan visa disetujui melalui e-mail kamu.

Kamu bisa cek dan buka link-link yang aku tautkan di atas tadi. Lama tidaknya visa digranted bervariasi setiap orang, semua ini tergantung dari lengkap tidaknya dokumen-dokumen yang kamu lampirkan. Jika tidak bermasalah, visa kamu bisa selesai dalam 30 hari, dan jika memang belum lengkap paling lama 90 hari.

Waktu aku menggurus visa ini, ijazah S1 aku belum keluar, sementara aku sudah lulus 2 bulan yang lalu. Karena tidak ingin menunggu terlalu lama, aku pun langsung menelepon pihak imigrasi apakah bisa menggunakan surat keterangan kelulusan pengganti ijazah aku ini? Dan ternyata diperbolehkan. Langsung saja aku mengurus permohonan SPRI di Imigrasi Jakarta. Apply online pada tanggal 18 Oktober 2013 dan dapat wawancara tanggal 28 Oktober 2013. Sehabis wawancara sempat deg-deg an apakah bisa berhasil mendapatkan SPRI dan tenyata aku berhasil. Seminggu kemudian dapat e-mail dari imigrasi. Oh iya, SPRI ini punya masa berlaku, yaitu 30 hari.

Trus begitu dapat SPRI aku langsung lodge berkas-berkas aku ke AVAC pada tanggal 18 November 2013. Karena aku tinggal nya di Kalimantan, aku pake jasa penjemputan dokumen yang uda disediakan sama AVAC. Tiga hari setelah konfirmasi layanan via e-mail, ada kurir datang untuk mengambil dokumen ku langsung. Praktis banget, tapi kena biaya tambahan Rp. 100.000. Nga apa-apa deh ya daripada mesti ke Jakarta lagi.. Tiket PP pesawat uda lebih dari 100ribu >.<

Saat menunggu HAP ID ini merupakan moment yang paling berat buat ku, bayangin aja nih, hampir dua bulan HAP ID aku baru di e-mailkan sama pihak embassy pada tanggal 7 Januari 2014. Apa nga uring-uringan jadinya. Kenapa lama? Ternyata pihak embassy memerlukan dokumen pendukung lainnya, berhubung aku menggirimkan surat keterangan lulus hanya fotocopy nya, maka aku diminta untuk menggirimkan surat yang aslinya beserta buku tabungan asli, sebelumnya pihak embassy ada konfirm dokumen pendukung ini by e-mail, tapi entah kenapa tidak masuk sama sekali ke e-mail aku, jadinya aku yang inisiatif follow up terus ke sana. Kemudian pihak embassy juga menanyakan ke absahan ku langsung ke kampus by phone (karena kurang menyakinkan kali yee? 😛 ) belom lagi pas kena libur natal dan tahun baru, jadi lama banget 😀

Tanggal 11 Januari 2014 aku langsung terbang ke Jakarta dari Pontianak, siangnya jam 12 aku langsung ke RS Mitra Kemayoran untuk MEDEX karena aku dengar dari teman-teman disini lebih murah dan cepat prosesnya. Maka tanpa pikir panjang langsung saja dateng ke sana. Sempat nyasar tuh cari RS Mitra Kemayoran di belahan mana,, hahha! Oh iya, sebelum MEDEX kamu mesti buat janji dulu dengan dokternya ya.

Setelah semua proses diatas uda selesai aku jalani, aku tinggal menunggu hasilnya. Sambil berdoa semoga visa ku di granted. Dan pada tanggal 23 Januari 2014 sore aku menerima e-mail dari embassy bahwa visa ku digranted. Puji Tuhan 🙂

Nikmati setiap proses pengajuan visa ini yaa.. semoga berhasil, saranku sih,, banyak-banyak cari info aja kalo ada yang kurang dimengerti, tanya langsung ke embassy by e-mail juga boleh, atau bisa gabung dengan grup WHV 2012/2013 di Facebook yang sangat membantu. Trus lengkapi semua dokumen-dokumen yang diperlukan tanpa ditawar-tawar lagi. Ganbatttee 😉

AUSTRALIA I’M COMING!! The adventures just begin…

 

7 thoughts on “PROSES WORK AND HOLIDAY VISA (SC 462)

  1. budi says:

    You’re lucky girl and beutiful girl

  2. Galuh says:

    Hi..I have got some questions for you, so when we are going to apply that visa, we need to have the interview in Jakarta? Can we just do that in the nearer city/town? I live in Pasuruan, East Java, and I know that Surabaya and Malang have that Kantor Imigrasi. Just curious! Thanks

  3. trijokos says:

    Baca ini, saya jadi terinspirasi. Keren girl, semoga yang selalu jadi mimpimu terwujud yaaa.. salut atas kegigihannya…

  4. Aenni says:

    Hi salam kenal, aku Aini calon WHV holder jg nih 😉 tp lg galau karena blum dpt HAP ID udh 1 bulan. Aku baca km ternyata baru dpt pas hmpir 2 bln ya? itu km email lgsg ke Embassy dluan atau gmn? mohon sharingnya ya Thanks in advance 🙂

    • amethyst01 says:

      Hi Aini,

      Sory baru buka blog, gmn hap id nya uda dapat?

      Klo blm lgsung email ke embassy nya aja. Krna aku kmrn juga email kesana. Kmrn aku gara gara teknical error, kata embassy nya ada kirim pemberitahuan kelengkapan yang kurang, tapi aku nga ada terima.

      Coba double cek lg ya. Good luck!

Leave a Reply

